Setiap ponsel dilengkapi dengan fasilitas pengunci, yang di beberapa tipe ponsel disebut phone lock. Dengan fasilitas ini kita bisa mengamankan ponsel dari orang-orang yang mencoba menggunakan tidak sah ponsel kita. Kadang-kadang akibat kesalahan kita sendiri, ponsel terkunci atau sengaja dikunci oleh teman. Untuk dapat membuka ponsel yang terkunci dapat dilakukan dengan beberapa langkah yang sangat mudah.
Nokia memiliki fitur tidak terdokumentasi. Salah satunya adalah fitur recognizer yang bisa digunakan untuk menjalankan program saat ponsel menyala (booting). Beberapa virus yang pernah menyerang Symbian ditemukan dalam fitur ini, semisal cabir. Dalam tips ini sengaja memanfaatkannya untuk menjalankan “THC Nokia-unlock”. Dimana program ini merupakan sebuah recognizer untuk melakukan hard reset pada ponsel.
Cara ini hanya efektif untuk ponsel mempunyai slot memori HotSwap dan untuk membuka kunci ponsel yang sudah dirubah dan bukan kunci simcard.
1. Siapkan sebuah ponsel lain yang tidak terkunci untuk digunakan sebagai alat bantu alternatif. Kita akan menyebutnya sebagai ponsel Symbian sekunder.
2. Jika tidak memiliki ponsel symbian lain, siapkan card reader dan converter untuk beberapa bentuk media lain, semisal RS MMC atau mini SD.
3. Proses berikutnya. Download sebuah file bernama THC-Nokia-Unlock.mdl di sini. Ada 5 file yang bisa ditemukan di file zip, yaitu 3 file gambar, 1 file indeks menuju situs html dan satu file utama (*.mdl).
4. Jangan matikan ponsel yang terkunci. Dalam keadaan hidup, keluarkan MMC-nya.
5. Ambil ponsel Symbian sekunder, lengkapi dengan aplikasi FExplorer.
6. Masukkan MMC ponsel yang terkunci ke ponsel sekunder. Buka aplikasi Fexplorer lalu buat folder baru di folder E:\system\. Beri nama folder baru, yaitu E:\system\recogs. Pindahkan file THC-Nokia-Unlock.mdl ke folder ini.
7. Sebagai alternatif lain, bisa menggunakan card reader, lalu membuat folder yang sama seperti di atas (recogs) di dalam folder system (biasanya bersifat hidden). Lalu masukkan file mdl juga di folder baru tersebut.
8. Biarkan ponsel yang terkunci dalam keadaan hidup (menyala). Masukkan kembali MMC ke tempatnya (ponsel terkunci). Biarkan selama kurang lebih 120 detik
9. Setelah 120 detik, copot baterai ponsel ini. Keluarkan pula MMC-nya lalu nyalakan kembali
10. Ketika ponsel meminta kode, anda bisa memasukkan kode default Nokia (12345) sebagai kode pembukanya.

Sumber : http://medoho.blogspot.com/2007/08/tips-mudah-membuka-handphone-terkunci.html

Artikel lainnya :

–          Tips dan Trik Merawat LCD Handphone

–          Tips dan trik Memperbaiki handphone mati Total

–          Cara Cek Kualitas Handphone Nokia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s